YP Lakukan Audiensi dengan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan KKU Bahas Kerjasama Pengembangan Pertanian Tanaman Holtikultura

288
Direktur Lapangan Yayasan Palung, Edi Rahman saat menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan audiensi. (Foto dok: Istimewa/Asbandi YP).
Direktur Lapangan Yayasan Palung, Edi Rahman saat menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan audiensi. (Foto dok: Istimewa/Asbandi YP).

KAYONG UTARA,MONGA.ID-Telah dilakukan Audiensi terkait Kerjasama Pengembangan Pertanian Tanaman Holtikultura, bertempat di Kantor Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Kayong Utara (KKU), pada Selasa (20/6/2023).

Kegiatan audiensi dilakukan oleh Yayasan Palung (YP) melalui Program Sustainable Livelihood dan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) bidang pertanian tanaman holtikultura di Kecamatan Simpang Hilir. Dalam kegiatan audiensi ini juga melibatkan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kayong, Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Kayong Utara dan kelompok dampingan.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengembangkan pertanian tanaman holtikultura pada beberapa kelompok tersebut maka sangat diperlukan sinergisitas program dari semua pihak.

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan audiensi antara lain; pertama, adanya kerjasama yang sinergitas antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kayong Utara, Yayasan Palung dan Kelompok dalam pengembangan tanaman holtikultura. Kedua, Adanya dukungan peningkatan kapasitas kelompokn dalam pemgembangan pertanian tanaman holtikultura. Ketiga, Adanya dukungan sarana dan prasarana dan lain-lain dalam pengembangan tanaman holtikulutra serta bantuan pemasaran tanaman holtikulutra.

Seperti misalnya di Kecamatan Sukadana khusus pendampingan kepada kelompok pertanian tanaman holtikultura dilakukan oleh Yayasan Palung melalui program Sustanaible livelihood yang berada di Desa Pampangan Harapan, Desa Sejahtera dan Desa Riam Berasap Jaya. Sedangkan di Kecamatan Simpang Hilir pendampingan kelompok pertanian tanaman holtikultura dilakukan melakukan melalalui program Hutan Desa yang berada di 6 Desa (Desa Penjalaan, Desa Nipah Kuning, Desa Rantau Panjang, Desa Pemangkat, Desa Pulau Kumbang dan Desa Padu Banjar).

Kelompok pertanian tanaman holtikultura di wilayah hutan desa (Kecamatan Simpang Hilir) dilakukan oleh Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) dan tim patrol hutan desa yang anggotanya terdiri dari Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD), tim patrol hutan desa dan masyarakat. Pendampingan kelompok khususnya KUPS, tim patroli dibawah pengawasan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) kayong. Keterlibatan tim patrol hutan desa dalam pengembangan tanaman holtikultura adalah selain anggota bisa melakukan pengamanan dan perlindungan Kawasan hutan desa juga bisa menambah penghasilan dengan melakukan pertanian tanaman holtikultura.

Para peserta berfoto bersama setelah kegiatan Audiensi selesai dilakukan. Foto : Istimewa/Asbandi YP).
Para peserta berfoto bersama setelah kegiatan Audiensi selesai dilakukan. Foto : Istimewa/Asbandi YP).

Pentingnya pengembangan tanaman holtikultura ini dikarenakan besarnya potensi, hasil tanaman holtikultura mudah dipasarkan sehingga hal tersebut bisa menambah pendapatan alternatif masyarakat. Ada beberapa jenis tanaman holtikulutra yang dikembangkan diantaranya Cabe, Terong, Mentimun, Kacang Panjang, dan lain sebagainya.

Dalam Audiensi tersebut, kelompok dampingan mendapat bantuan 25.000 bibit pisang dari Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Kayong Utara. Nantinya, 10.000 bibit pisang akan dibagikan kepada kelompok dampingan di Dusun Tanjung Gunung, Desa Sejahtera dan 15.000 bibit pisang untuk kelompok dampingan di Desa Riam Berasap.

(Pit/MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini