Merayakan Hari Orangutan Sedunia 2023 dengan Berbagai Cara sebagai Bentuk Cinta untuk Orangutan

426
Nasar (Relawan REBONK) saat menyampaikan materi tentang orangutan. Foto : Istimewa/ Simon Tampubolon/Yayasan Palung).

Setiap tanggal 19 Agustus diperingati sebagai World Orangutan Day (Hari Orangutan Sedunia). World Orangutan Day (WOD) atau disebut pula International Orangutan Day (IOD) diperingati oleh sebagian besar penduduk di bumi untuk mendukung dan mendorong masyarakat serta kita semua agar peduli dengan nasib primata yang sangat dilindungi ini.

Tema World Orangutan Day (WOD) tahun 2023 adalah: “Love for Orangutan” (Cinta untuk Orangutan).

Adapun rangkaian kegiatan WOD yang Yayasan Palung lakukan Bersama para pihak untuk merayakan hari orangutan sedunia 2023 diantaranya;

Melakukan kegiatan WOD dengan menyampaikan lecture kepada adik-adik Bentangor Kids, di Kantor Yayasan Palung Bentangor Pampang Education Center, pada Selasa 15 Agustus 2023. Adapun materi yang disampaikan adalah Orangutan: Biologi, Ancaman dan Perlindungannya.

Materi tentang orangutan disampaikan oleh Nasar (Relawan REBONK), dilanjutkan review materi oleh Simon Tampubolon dan pemutaran video-video pendek tentang orangutan, belajar lagu Si Pongo. Di akhir kegiatan diadakan kuis berhadiah yang dipandu oleh Pariani dan Nasar. Ditutup dengan foto bersama.

Kegiatan WOD berikutnya adalah Lecture, disampaikan kepada adik-adik dari kelompok Simpang Keramat Kids, dilakukan pada Jumat 18 Agustus 2023 di Sekolah SDN 20 Penjalaan, Simpang Hilir.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Orangutan Sedunia 2023 ini dibuka oleh Simon Tampubolon dengan perkenalan, tujuan kegiatan dan bernyanyi bersama. Materi tentang orangutan disampaikan oleh Widia dilanjutkan review materi dan pemutaran video-video pendek tentang orangutan oleh Simon. Kemudian dilanjutkan dengan belajar lagu Si Pongo, Kuis dan foto bersama di akhir kegiatan.

Kegiatan WOD dilakukan juga di SD Negeri 8 Siduk yang dilaksanakan pada Sabtu 19 Agustus 2023 dengan menyampaikan lecture di sekolah.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Orangutan Sedunia 2023 ini dibuka langsung oleh kepala sekolah SDN 8 Siduk dan dilanjutkan dengan perkenalan, tujuan kegiatan dan bernyanyi bersama oleh Simon Tampubolon. Materi tentang orangutan disampaikan oleh Wawan dilanjutkan review materi dan pemutaran video-video pendek tentang orangutan oleh Simon. Kemudian dilanjutkan dengan belajar lagu Si Pongo, Kuis dan foto bersama di akhir kegiatan.

Kegiatan WOD juga dirayakan oleh Yayasan Titian Lestari Bersama Keep Earth Borneo pada Minggu 20 Agustus 2023, Peringatan Hari Orangutan Sedunia 2023 Coloractive and Participation di Kubu Raya, Pontianak.

Dalam kegiatan ini, Yayasan Palung (YP) di undang oleh Yayasan Titian Lestari Bersama Keep Earth Borneo untuk mengisi kegiatan Puppet Show (pertunjukan boneka) dan kegiatan Talkshow tentang orangutan yang diselenggarakan di GAIA Mall Kubu Raya, Pontianak.

Pada kesempatan tersebut (kegiatan WOD di Kubu Raya), Puppet Show tentang orangutandimainkan/diperankan serta diceritakan oleh Relawan Konservasi Taruna Penjaga Alam (RK-TAJAM) dan Beasiswa Peduli Orangutan Kalimantan Barat atau West Bornean Orangutan Caring Scholarship (WBOCS). Mereka menceritakan tentang orangutan dan kehidupannya di hutan kepada adik-adik yang mengikuti lomba menggambar yang diselenggarakan oleh Yayasan Titian Lestari Bersama Keep Earth Borneo.

Riduwan dari Yayasan Palung (YP) diundang menjadi narasumber dalam acara WOD. Riduwan dalam kesempatan tersebut menjelaskan kegiatan-kegiatan YP dalam melestarika orangutan. Selanjutnya juga Riduwan menerangkan terkait kegiatan-kegiatan yang Yayasan Palung lakukan. Selain itu, menjelskan juga tentang peran penting orangutan sebagai petani hutan dan orangutan sebagai satwa dilindungi yang terancam punah.

Kegitan WOD juga dilakukan dengan kegiatan talkshow di Radio Kayong Utara (RKU). Adapun sebagai narasumber adalah Rabina (Relawan Rebonk) dan Ridwan (Staff Yayasan Palung) membahas tema “Hari Orangutan Sedunia 2023”. Kegiatan ini dilakukan, pada Kamis 24 Agustus 2023 di Radio Kayong Utara (RKU).

Kegiatan WOD 2023 juga dilakukan dengan mengadakan lecture ke sekolah-sekolah di Ketapang

 Selasa 22 Agustus 2023, diadakan kegiatan Lecture di SMP Negeri 02 Matan Hilir Selatan. Kegiatan ini merupakan rangkaian dalam rangka memperingati Hari Orangutan Sedunia 2023. Kegiatan ini langsung di buka oleh Tim PL, dilanjutkan dengan perkenalan dan disampaikan tentang hari peringatan orangutan sedunia yang jatuh pada tanggal 19 Agustus oleh Haning. Materi orangutan disampaikan oleh Widiya dan diakhir materi diberikan kuis. kemudian pemutaran film Lingkungan; film singkat orangutan dan Film Indonesia Diambang Kepunahan oleh Petrus Kanisius. Kegiatan ditutup dengan berfoto bersama.

Pada Rabu 23 Agustus 2023 diadakan lecture di MTs Negeri 02 Matan Hilir Selatan. Kegiatan ini adalah sekolah kedua yang dikunjungi dari rangkaian kegiatan Hari Orangutan Sedunia 2023. Kegiatan dibuka oleh ketua madrasah, kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dan penyampaian mengenai peringatan hari orangutan oleh Widiya. Materi tentang Orangutan disampaikan oleh Haning. kemudian diberikan kuis oleh Widiya dan Petrus. kegiatan dilanjutkan dengan nonton video tentang Taman Nasional Gunung Palung. kegiatan ditutup lagi oleh Ketua Madrasah dan foto bersama.

Selanjutnya, masih dalam rangkaian perayaan WOD 2023, kegiatan lecure dilaksanakan pada Selasa, 29 Agustus 2023 di SMKN 1 Matan Hilir Selatan, Ketapang.

Cinta untuk Orangutan, Melestarikan orangutan berarti menyelamatkan hutan dan semua napas kehidupan.

(PETRUS KANISIUS/MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini