Macan Dahan Kalimantan Terekam Kamera Perangkap di Hutan Desa Padu Banjar

166
Capture dari video, Macan dahan yang terekam kamera tangkap. (Foto dok. Tim HD YP)
Capture dari video, Macan dahan yang terekam kamera tangkap. (Foto: Istimewa/ Tim HD YP)

MONGA.ID-KAYONG UTARA, Beberapa waktu lalu, tim Smart Patrol Hutan Desa Yayasan Palung (YP) melakukan pengecekan dan pemasangan alat di Kawasan Hutan Desa Padu Banjar, Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, Sabtu (17/2/2024).

Pada kesempatan tersebut, tim smart patrol hutan desa YP memasang beberapa alat seperti bioakustik dan pengukur curah hujan.

Menariknya, saat melakukan pengecekan kamera perangkap (kamera trap), di salah satu kamera perangkap yang mereka pasang berhasil merekam Macan Dahan kalimantan atau clouded leopard (Neofelis diardi borneensis).

Klik link untuk melihat Video :

https://www.instagram.com/p/C3hReKwPEKZ/

Dalam rekaman, terlihat, macan dahan sedang melintas di Kawasan Hutan Desa Padu Banjar. Sangat beruntung karena kamera perangkap bisa merekam Macan Dahan kalimantan. Berharap satwa lainnya juga bisa terekam kamera perangkap.

Mengutip dari laman Wikipedia, Macan dahan kalimantan adalah kucing liar berukuran sedang yang ditemukan di Pulau Kalimantan dan Sumatra. Pada tahun 2006, ia dijadikan sebagai spesies terpisah dari kerabat dekatnya, Neofelis nebulosa.

Nama Bornean clouded leopard (macan dahan kalimantan) diterbitkan oleh WWF pada 14 Maret 2007, mengutip Dr. Stephen O’Brien dari U.S. National Cancer Institute mengatakan, “Hasil kajian genetik jelas-jelas menunjukkan bahwa macan dahan kalimantan harus dianggap sebagai spesies yang terpisah.”

Kemungkinan macan dahan kalimantan hanya terdapat di Pulau Kalimantan dan Sumatra. Di Kalimantan, mereka bisa ditemui di hutan hujan dataran rendah.

Sumber tulisan : Wikipedia dan dari berbagai sumber

(MONGA/PIT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini