Kampanye Lingkungan Lewat Mural di Pantai Cilincing

304
Puluhan Relawan Konservasi Taruna Penjaga Alam (RK-TAJAM) bersama melakukan kampanye lingkungan lewat mural di Pantai Cilincing, Desa Sukabaru, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang, Minggu (8/3/2021). Foto : ISTIMEWA/YP/MONGA.ID

MONGA.ID-KETAPANG, Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengajak orang peduli dengan lingkungan. Seperti Puluhan Relawan Konservasi Taruna Penjaga Alam (RK-TAJAM) bersama melakukan kampanye lingkungan lewat mural di Pantai Cilincing, Desa Sukabaru, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang, Minggu (8/3/2021).

RK-TAJAM, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Celincing Bersatu bersama beberapa teman yang peduli dengan persoalan lingkungan menggambar mural yang bertema lingkungan sekaligus membuat pesan ajakan untuk peduli dengan persoalan lingkungan (ekosistem pantai) satu diantaranya adalah ajakan untuk kebersihan pantai.

Beberapa gambar cantik dan menarik pun tercipta dari kreasi mural yang mereka gambar seperti tumbuhan mangrove, ikan, ubur-ubur dan dugong. Tidak hanya gambar, tetapi mereka juga menuliskan pesan ajakan untuk peduli dengan lingkungan, dengan menuliskan tagar (#) #SAVEDUGONGKETAPANG #YomKiteJagePesisir #SAVESEASORE .

Menariknya lagi, pada kegiatan tersebut hadir pula Galih Hakim Antarnusa, seorang peneliti dugong sekaligus pemerhati pantai, Galih sapaan akrabnya berkesempatan membuat mural tentang dugong.

“Kegiatan seperti ini menarik karena dengan kedekatan intens dengan masyarakat dan menjadikan masyarakat sebagai mitra menurut saya sangat baik. Ditambah pemberdayaan remaja melalui relawan konservasi sangat membantu terbukanya mindset masyarakat bahwa masih banyak dari kita yang perduli dengan mereka”, kata Galih.

Saran saya, buat kegiatan kerjasama dengan masyarakat sebagai mitra, dengan melakukan kegiatan restorasi dan semacamnya. Pendampingan berkala dan intens terhadap masyarakat juga sangat perlu diperhatikan agar masyarakat tidak memiliki pemikiran bahwa kita hanya memanfaatkan mereka, namun kita buat masyarakat berfikir bahwa kita perduli dengan mereka, ujarnya lagi.

(MONGA.ID/PIT)

MONGA.ID

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini