Memanfaatkan Mata Air Pegunungan, BUMDes Mekar Raya Kecamatan Simpang Dua Produksi Air Mineral

166
Air Juring Mineral (AJM) dalam kemasan galon. Foto IST/MONGA.ID

MONGA.ID-KETAPANG, Badan usaha milik desa (BUMDES) Usaha Bersama Kabar Jaya, Desa Mekar Raya Kecamatan Simpang Dua, Kabupaten Ketapang keluarkan produk kemasan air mineral.

Air minum dalam kemasan yang disajikan oleh BUMDES Usaha Bersama Kabar Jaya ini berupa Air Mineral galon.

“Sumber mata air yang kami gunakan yakni bersumber dari mata air Pegunugan Berugak yang juga berdekatan dengan Pegunungan Juring,” terang Yogi selaku pengurus BUMDES.

Lokasi sumber mata air di Pegunungan Juring, Simpang Dua. (Foto IST/MONGA.ID).

Sumber air tersebut juga yang saat ini dikonsumsi oleh masyarakat setempat. Dari awal ada air, ada juga masyarakat yang mengkonsumsi air tersebut tanpa melalui proses pemasakan bahkan sampai sekarang namun tidak ada yang mengeluh sakit perut akibat konsumsi air tersebut. Ini membuktikan bahwa air yang kami produksi sangat layak untuk dikonsumsi.

Air Juring Mineral (AJM) dalam kemasan galon. (Foto IST/MONGA.ID).

“Melalui Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Ketapang Bagian Utara, Kita sudah memasukkan sampel ke Dinas terkait untuk uji laboratorium. Semoga hasil yang kami peroleh dari penjualan sekitar Desa nanti bisa kami kumpulkan, untuk mengurusi legalitasnya, sehingga produk desa kami bisa bersaing,” harapan Yogi.

Sumber Daya Alam berupa Air yang dimiliki, menjadi modal utama BUMDES untuk berusaha mengelola. Hadirnya produk ini juga wujud nyata Desa untuk berkomitmen mengelola hasil alam yang dimiliki.

Sejauh ini, pihak BUMDES sedang berupaya untuk mengurus legalitas. “Kami juga mengajak kepada bapak/ibu untuk bekerjasama dengan kami,” pinta Yogi.

Dwi Za Bagastia/MONGA.ID

(MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini